Feb 11, 2010

How to register blog/web anda di google webmaster toolsShare

Google webmaster tools adalah sebuah service dari google untuk webmaster/pemilik blog, dimana dengan menggunakan google webmaster tools, anda dapat melihat status indexing web/blog anda, dan juga mengoptimalkannya agar lebih mudah di cari oleh search engine.

Bagi anda yang baru saja membuat blog, saya sarankan anda mensubmit blog anda ke google webmaster tools agar blog anda dapat segera terindex di google.com. Berikut langkah-langkahnya:


1) Pertama kali, masuk ke google webmaster tools lalu sign in menggunakan account gmail anda.

2) Setelah log in anda akan melihat halaman submit web seperti pada gambar:

Masukkan alamat blog anda tanpa menggunakan http:// atau www.

3) Berikutnya, anda akan diminta untuk memverivikasi apakah benar anda pemilik situs tersebut. Klik "verify" untuk melanjutkan.


Lalu klik:


4) Sebenarnya ada dua cara untuk verifikasi, tapi untuk blogger silahkan pilih "add a meta tag" dan copy kode yang ada.


5) Sign in ke account blogger anda, lalu klik account>layout>edit html dan paste-kan kode di atas tepat di bawah head tag dan klik save (Lihat gambar untuk lebih jelas)


6) Klik "verify" di halaman google webmaster tools, maka jika anda melakukannya secara benar akan ada sebuah konfirmasi.

7) Langkah berikutnya adalah mensubmit sitemap agar google menelusuri(crawl) dan meng-index situs anda. Kembali ke halaman utama google webmaster dan klik "add"


8) Pilih "Add general web sitemap" dari dropdown menu dan ketik rss.xml atau atom.xml setelah alamat lengkap blog anda seperti gambar berikut:




9) Klik tombol "Add General Web Sitemap"

10) Selesai, sekarang sitemap anda telah sukses tersubmit ke google. Periksa kembali 2-3 hari lagi berikutnya dan anda akan melhat statistik secara mendetail mengenai blog anda.


..Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat..




0 komentar:

Post a Comment